STRATEGI MANAGEMENT TEPAT, KINERJA KEUANGAN REMALA SEMAKIN SOLID
Share via
Terbit Pada
09 September 2025
1757391036229180
IQPlus, (9/9) - Selain modernisasi teknologi FTTH, Agus menjelaskan sinergi dalam memanfaatkan infrastruktur yang dimiliki Iforte juga efektif memberikan peningkatan kinerja keuangan Remala di tahun 2025.
"Selain dengan grup, Remala juga melakukan sinergi dengan operator internet lainnya dalam penggunaan infrastruktur, baik itu infrastruktur pasif maupun aktif. Sinergi dengan grup dan operator lainnya sangat efektif meningkatkan kinerja keuangan perseroan," ungkap Agus.
Agar peningkatan pendapatan perseroan dapat terus terjaga, manajemen juga memiliki strategi baik korporat maupun retail. Strategi korporat seperti pipeline booster, cross selling dan upselling, reactive client, dan target campaign. Sedangkan strategi retail di antaranya mempercepat pembangunan FTTH, implementasi program baru penjualan produk perseroan, melakukan implementasi unorganik, dan memberikan layanan terbaik, termasuk purnajual bagi pelanggan retail.
Strategi penjualan layanan internet dengan mengelompokkan berdasarkan segmentasinya dinilai Agus cukup efektif mempertahankan penjualan di Remala. Saat ini segmentasi pelanggan di Remala terdiri dari partnership, pemerintahan, retail, dan korporat. Segmen partnership dipegang oleh Fiber Media Indonesia, sementara pemerintahan dan korporat dipegang oleh Tachyon. Segment retail mengusung brand NetHome.
"Komposisi pelanggan partnership, pemerintahan, retail, dan korporat saat ini cukup berimbang. Dan ini sangat menguntungkan Remala karena membuat pendapatan perseroan semakin solid. Karena Remala tidak tergantung pada salah satu segmen pelanggan saja," pungkas Agus.
Saat ini Remala sudah memiliki setidaknya lebih dari 12 ribu km fiber optic dengan 300 POP (Point of Presence) terpasang, 37 ribu FAT (Fiber Access Terminal), 317 ribu homepass, 83 ribu home connected, dan 11 ribu office connected. Remala juga sudah terhubung dengan 80% data center yang ada di wilayah Jabodetabek. (end)